Jokowi Sebutkan Bonus Emas SEA Games Naik Jadi 500 Juta

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa para atlet yang mendapatkan medali dalam ajang SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina kemarin bakal mendapatkan bonus dari pemerintah. Peraih medali emas akan mendapatkan Rp. 500 juta. Sedangkan untuk mereka yang meraih perak akan mendapatkan Rp. 300 juta dan  yang mendapatkan perunggu akan mendapatkan Rp. 200 juta.

Jokowi Naikkan Bonus Atlet Peraih Emas di SEA Games 2019

“Ya bonusnya berapa? Seinget saya, emasnya Rp. 500 (juta), (perak) Rp. 300 (juta), (perunggu) Rp. 200 (juta). Kalau enggak keliru,” ungkap Jokowi setelah diirnya meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis (12/12) kemarin.

Ia juga mengatakan bahwa kontingen Indonesia memang tidak memenuhi target yang diberikannya, yaitu masuk 2 besar. Indonesia Cuma mampu bertengger di posisi keempat, di bawah Filipina, Vietnam dan Thailand.

Walaupun target peringkat ini tak tercapai, menurut Jokowi, target perolehan medali emas bisa terlampaui. Mantan Gubernur DKI tersebut pasalnya memberikan target 60 buah medali emas. sedangkan kontingen Indonesia bisa menyabet 73 medali emas. “Terlampaui, artinya dapat bonus,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) akan menyerahkan bonus untuk para atlet SEA Games 2019 yang berhasil meraih emas di Hotel Sahid, Jakarta, hari Kamis (12/12) kemarin.

Gatot S Dewa Broto, Sesmenpora, mengatakan bahwa bonus bakal diserahkan langsung oleh Menpora Zainudin Amali. Ia pun memastikan bahwa penyerahan bonus akan dibuat serempak untuk atlet dan juga staf pelatihnya. “Mereka akan menerima buku tabungan yang telah diisi bonus,” imbuhnya lagi.

Gatot pun sudah memberikan keterangan bahwasanya pemerintah sudah menaikkan besaran bonusnya untuk peraih medali di SEA Games 2019. Akan tetapi, ia enggan menyebutkan jumlah kenaikannya. “Yang jelas jumlahnya beda dari empat SEA Games terakhir. Sekarang besarannya beda, lebih besar. Saya lupa berapa nominalnya. Yang jelas naik,” tukasnya.

Kemenpora Sebut Dana Bonus SEA Games 2019 Dari Mana

Kemudian Gatot juga mengatakan bahwa Kementerian Keuangan menggelontorkan dana yang jumlahnya lebih dari Rp. 250 M untuk menambah bonus yang disediakan oleh Kemenpora untuk para atlet yang berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2019.

“Tambahannya berapa?Hampir lebih dari 250 miliar,” katanya lagi.

Gatot juga menyatakan bahwa Kemenpora mulanya hanya menyediakan anggaran bonus SEA Games sebanyak Rp. 56 miliar saja. Ia mengklaim bahwa uang sebanyak itu dianggap kurang untuk para atlet yang sudah bersusah payah mengharumkan nama bangsa sampai dengan pelatih yang mendampinginya di sea Games 2019.

Lebih lanjut lagi, ia mengatakan uang tambahan honus bandar toto terbesar dan terpercaya dari pemerintah itu sumbernya dari BA BUN (Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara). Sehingga ia menyampaikan Menpora Zainudin Amali mengucapkan rasa terima kasihnya pada Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani ketika memberikan sambutannya dalam acara pemberian bonus untuk atlet sampai dengan pelatihnya yang meraih medali di ajang SEA Games 2019.

“BA BUN itu yang punya kewenangan memutuskan adalah Menkeu sehingga bertambah. Kalau angka yang Rp. 56 miliar itu tidak cukup,” imbuhnya lagi.

Di sisi lainnya, Gatot pun mengakui pencairan dana bonus akan dilakukan secara bertahap. Namun ia menegaskan hal tersebut karena alasan adminstrasi saja. Ia berkata bahwa pencairan dana bertahap karena Presiden Jokowi baru memberikan instruksi menambahkan bonusnya pada Rabu (11/12) kira-kira pukul 17.05 WIB lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *